W3.CSS

Perdalam Literasi Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Oct 6, 2016 by

Bukan hanya ilmu bahasa atau ilmu sastra saja yang harus dipahami oleh siswa-siswi dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Melainkan pentingnya kemampuan berkomunikasi secara lisan maupun tulisan. Karena itu Sekolah Kristen PENABUR Jakarta memperlengkapi guru-guru Bahasa Indonesia untuk memperdalam literasi Bahasa Indonesia melalui pelatihan.

Pelatihan kali ini diikuti oleh seluruh guru Bahasa Indonesia jenjang SMPK – SLTAK BPK PENABUR Jakarta. Acara yang berlangsung 5 – 6 Oktober 2016 di Sekretariat BPK PENABUR Jakarta ini dipimpin oleh dua pembicara dari Universitas Sanata Dharma Yogyakarta yaitu: Dr. Yoseph Yapi Taum, M.Hum. dan Prof. Dr. I. Praptomo Baryadi, M.Hum.

Salah satu pembahasan yang dibawakan saat pelatihan adalah cerita ulang-menyadur. Dimana terdapat pembahasan tentang hakikat atau struktur dalam cerita rakyat, serta tahapan-tahapan dalam menulis kembali cerita rakyat. Tidak hanya itu guru-guru juga mendapatkan pelatihan tentang hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan dalam penyampaian materi pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks.

“Dapat membekali para guru Bahasa Indonesia terkait proses belajar mengajar dan materi supaya dapat mengimplementasikan kurikulum yang telah digunakan dengan tepat untuk para peserta didik”. Ungkap Kepala Divisi Pendidikan, Etiwati ketika diwawancarai tentang pelatihan yang berlangsung.

1 2 3 4 5

Penulis : Dina Octafiani

Editor : Rewindinar

Related Posts

Tags

Share This